Rangkaian Sensor Parkir Infra Merah ini berfungi untuk memberikan indikator jarak parkir bagian depan atau belakang mobil  dengan dinding tempat parkir mobil. Rangkaian sensor parkir infra merah ini sebaiknya dipasang pada bagian paling ujung dari sisi depan mobil maupun sisi belakang mobil. Sensor parkir ini bekerja menggunakan cahaya infra merah yang dipancarkan kemudian dipantulkan oleh diding kembali ke rangkaian sensor parkir tersebut. Rangkaian sensor parkir ini memiliki sensitifitas jarak dari 6cm hingga 20 cm. Jarak dinding dan mobil dipresentasilkan menggunakan indikator LED 3 buah yang akan menyala pada saat jarak mobil dan dinding mulai dari 20 cm. Pada dasarnya rangkaian sensor parkir infra merah ini terdiri dari 2 bagian yaitu, bagian transmitter infra merah dan bagian receiver infra merah. Untuk merakit atau membuat rangkaian sensor parkir infra merah ini dapat dilihat pada gambar berikut. 
Gambar Rangkaian Sensor Parkir Infra Merah .

Daftar Komponen Rangkaian Sensor Parkir Infra Merah :
– R1 = 10K                                                 – C3,C5 = 100µF
– R2,R5,R6,R9 = 1K                                 – D1 = Infra-red LED
– R3 = 33R                                                 – D2 = Infra-red Photo Diode
– R4,R11 = 1M                                           – D3,D4 = 1N4148
– R7 = 4K7                                                 – D5-D7 = LED
– R8 = 1K5                                                 – IC1 = 555
– R10,R12-R14 = 1K                                – IC2 = LM324
– C1,C4 = 1µF  63V                                 – IC3 = 7812
– C2 = 47pF   25V

Bagian transmitter infra merah pada rangkaian sensor parkir diatas dibangun menggunakan dioda infra merah yang dikendalikan dari IC timer 555. Kemudian bagian receiver dibangun dengan dioda photo sebagai receiver dan penguat operasional untuk mengolah tegangan input tersebut.

Indikasi jarak antar dinding dan mobil oleh rangkaian sensor parkir infra merah diatas ditunjukan dengan nyala LED, dimana LED D7 akan menyala pada jarak 20 cm, kemudian LED D7 dan D6 akan menyala pada jarak 10 cm dan LED D7, D6, D5 akan menyala pada jarak 6 cm. Selain dapat dipasang pada mobil rangkaian sensor parkir ini juga dapat dipasang pada diding garasi rumah dengan sensor diarahkan ke mobil.