Gara-gara bor pcb ngadat, akirnya saya mencoba membuat sendiri bor pcb ini , dan hasilnya lumanya tidak kalah dengan bor pcb saya rusak..maklum cuma harga 80 ribu… Bor pcb yang saya buat ini hanya mengahabiskan dana Rp. 2500, itu pun hanya
untuk beli mata bor baru ukuran 0.8mm.  bor ini cocok untuk para hobby dan siswa elektronika, yang ingin sedikit menghemat…seperti saya he..he..
Peralatan yang dibutuhkan:
1. Bekas Motor Tamia
2. Bekas Ujung Pinsil
3. Bekas jarum suntik isi ulang tinta printer
4. Mata bor pcb ukuran 0.8mm
5. Lem Power Glue
6. Adaptor 9~12valt
7. 2 Led dan 1 Transistro (optional)
8. Almunium/plat bentuk L
Setelah semua Bahan/material sudah lengkap, sekarang langkah awal perakitanya, potong semua komponen kecuali motor tamia, sesuai gambar berikut ini:
Kemudian rangakai komponen satu demi satu, saat pertama kali merangkai jangan dulu di beri  lem, pastikan posisi mata bor dengan AS motor tamia sudah presisi. setelah benar-benag presisi bongkar lagi dan mulai masukan lagi satu persatu komponen dengan di beri lem power glue terlebih dulu lihat gambar berikut:
apa bila dirasa sudah yakin semua sudah sesuai keinginan, langkah selanjutnya yaitu solder power input pada motor tamia, gunakan kabel yang kecil saja, aga saat memasukan ke casing nanti tidak repot. kemudian buat casing atau dudukan untuk motor tamia dengan mengunakan kayu atau apa saja yang peting motor tamia tidak goyang, kemudian kasih lem power glue motor tamia dan pasang ke dudukan.
Sampai disini proses pembuatan bor pcb sendiri sudah selesai, bila saat pengeboran mata mor bergeraknya tidak akurat berarti mata bor tidak presisi. coba geser dan atur alumunium/ plat berbentuk L, sampai menemukan settingan yang sesuai.
Bor pcb sederana ini hanya sebagai gambaran saja, anda bisa membuatnya sendiri sesuai dengan peralatan bekas yang anda miliki. seneng rasanya bila bisa menghasilkan sesuai dari barang-barang bekas…
sumber : bloggerbekasi.com